Monday, July 24, 2017

Jenis-Jenis dan Sistem Komunikasi

 Jenis-Jenis dan Sistem Komunikasi

Pendahuluan.
Pengertian Komunikasi itu sendiri adalah penyebaran (distribusi) informasi dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Proses penyebaran (distribusi) informasi dapat dibagi menjadi beberapa kategori. Komunikasi merupakan salah satu kategori penyebaran (distribusi) informasi yang paling luas. Kata komunikasi, lebih tepatnya telekomunikasi, berasal dari prefiks “tele” (berasal dari bahasa Yunani) yang berarti “jauh” dan “communication” yang berarti komunikasi. Dengan demikian, komunikasi dapat diartikan sebagai proses distribusi informasi antara tempat-tempat yang berdekatan, maupun yang terpisah oleh jarak jauh.
Jenis-jenis komunikasi dibagi menjadi beberapa bagian jika ditinjau dari kriteria masing-masing, yaitu:
  • Berdasar arah komunikasi
  • Satu arah (simplex). Yaitu jenis komunikasi yang hanya mempunyai satu arah saja, dari pemancar ke penerima. Beberapa contoh untuk komunikasi jenis ini adalah radio broadcast dan televisi broadcast.
gambar 1.2, komunikasi searah
  • Setengah dua arah (half duplex). Yaitu jenis komunikasi yang mengakomodasi pertukaran informasi dalam dua arah secara bergantian melalui satu saluran komunikasi (push to talk, release to listen). Contoh untuk komunikasi jenis ini adalah jenis komunikasi menggunakan HT (Handy Talky).
gambar 1.3, komunikasi semi dua arah
  • Dua arah (full duplex). Yaitu jenis komunikasi yang mengakomodasi pertukaran informasi dalam dua arah secara simultan (dimungkinkan untuk mengirimkan dan menerima informasi secara bersamaan). Contoh untuk komunikasi jenis ini adalah komunikasi melalui telepon tetap maupun telepon bergerak.
gambar 1.4, komunikasi dua arah
  • Banyaknya penerima
  • Bergerak (mobile). Yaitu jenis komunikasi yang memungkinkan terminal-terminal pelanggannya untuk berpindah tempat (bergerak) selama komunikasi berlangsung. Hal ini disebabkan karena media komunikasinya berupa ruang bebas (free space) dengan pembawa berupa gelombang radio sehingga memungkinkan gerakan perpindahan pelanggan dalam lingkup wilayah pelayanan komunikasi. Sebagai contoh untuk jenis komunikasi ini adalah jaringan telepon seluler.
  • Tetap (fixed). Yaitu jenis komunikasi dimana letak terminal-terminal pelanggannya tetap, hal ini disebabkan karena media komunikasinya berupa kabel sehingga membatasi gerakan perpindahan pelanggan. Sebagai contoh untuk jenis komunikasi ini adalah jaringan telepon tetap (rumah).

  • Berdasar mobilitas
  • Point to point. Yaitu jenis komunikasi dimana informasi yang disalurkan berasal dari satu titik menuju ke satu titik yang lain (tujuan), misalnya komunikasi menggunakan jalur gelombang mikro.
  • Point to multipoint. Yaitu jenis komunikasi dimana informasi yang disalurkan berasal dari satu titik menuju ke banyak titik yang lain (tujuan), misalnya komunikasi broadcast (radio, televisi, dan lain-lain).
  • Multipoint to multipoint. Yaitu jenis komunikasi dimana informasi yang disalurkan berasal dari banyak titik menuju ke banyak titik yang lain (tujuan), misalnya world wide web (www).

Kemudian, sistem komunikasi, tepatnya sistem komunikasi modern, bisa dipecah menjadi 3 bagian, antara lain:
  • Sistem Komunikasi Telepon
    • Dimulai dengan penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876
  • Sistem Komunikasi Radio
    • Dimulai dengan penemuan radio oleh Guiogelmo Marconi pada tahun 1901
  • Sistem Komunikasi Data
    • Penemuan konsep mesin hitung (computer) pada 1822 yang kemudian menjadi berkembang pesat setelah ditemukannya transistor pada 1948, kemudian timbul keinginan untuk menghubungkan komputer yang satu dengan yang lain (era 1960-an).

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html