Thursday, July 27, 2017

Accelerometer ? Apa itu ??

Apakah Yang Dimaksud Accelerometer?


Apakah anda pengguna smartphone android? Jika ia, tentu ada fitur auto rotate di menu bar android yang anda gunakan saat ini.  Jika anda mengaktifkan fitur itu, maka layar dari smartphone tersebut akan berputar mengikuti posisi tegak lurus sekalipun anda putar-putar layarnya, contohnya pada saat anda menonton video, dan pada saat bermain game. Mengapa demikian? Hal itu terjadi karena sensor accelerometer yang terdapat pada smartphone anda sedang bekerja.
Accelerometer adalah suatu perangkat yang dapat mengukur percepatan, perubahan posisi, dan berapa banyak perubahan posisi itu terhadap dirinya sendiri akibat dari getaran dan gravitasi bumi (9.81 m/s2).
Accelerometer terdiri dari 2 bagian utama yaitu housing dan seismic mass. Housing adalah bagian yang diam dan seismic mass adalah beban yang bergerak dan berayun terhadap gravitasi. Lebih mudahnya accelerometer akan bergerak berdasarkan percepatan sampai ia berhenti pada kondisi tertentu.
Berikut ini adalah bagian dari sensor accelerometer :


bagian utama accelerometer mekanik
bergerak berdasarkan perubahan gravitasi
menggunakan 3 dimensi untuk dapat mengukur x y dan z
plat housing dan seismic mass yang terhubung ke konduktor
perubahan percepatan menimbulkan kapasitansi
Untuk dapat mendeteksi perubahan 3 dimensi yait : x, y, dan z, maka harus dipasang plat pada masing-masing dimensi. Jika terjadi getaran akan menimbulkan gerakan pada seismic mass yang menimbulkan sejumlah kapasitansi sehingga perubahan kapasitansi tersebut akan mempengaruhi percepatan. Seiring perkembangan dan kemajuan teknologi maka saat ini sensor accelerometer sudah tidak dalam bentuk analog yang berupa mekanik, tetapi dalam bentuk digital yang cara kerjanya hanya berdasarkan perubahan temperatur.
Accelerometer terdiri dari 3 dimensi seperti di bawah ini :


dimensi x y z
Dimensi x y z ini menggunakan konsep tangan kanan tang mengarahkan ibu jari ke atas sebagai z, telunjuk sebagai x, dan jari tengan sebagai y. Polaritas nya ditentukan oleh arahnya, jika ke atas, kanan, dan depan itu bernilai (+) , sedangkan jika ke bawah, kiri, dan belakang maka bernilai (-)
Berbagai tipe  sensor accelerometer seperti di bawah ini :
  • Kapasitif
  • Piezoelectric
  • Piezoresistive
  • Heat transfer
  • Hall effect
  • Magnetoresistive
Kelebihan dan kekurangan accelerometer :
  • Kelebihan :
    • Mempu mengukur pergerakan tegak lurus dan gravitasi secara bersamaan
    • Akurasi yang baik dalam pengukuran sudut
  • Kekurangan :
    • Boros dalam pemakaian baterai
    • Untuk pergerakan yang relatif cepat, maka respon accelerometer terbilang lambat
Pengaplikasian sensor accelerometer seperti di bawah ini :
  • Transportasi : sistem airbag pada mobil yang bekerja pada saat terjadi perubahan percepatan/getaran yang sangat fatal seperti saat mobil mengalami tabrakan
  • Olahraga : jam tangan olahraga yang digunakan oleh pelari untuk mengetahui berapa banyak langkah yang telah ia tempuh
  • Elektronika : auto rotate potrate dan landscape pada smartphone menggunakan accelerometer, mengubah lagu dengan cara digoyangkan menggunakan accelerometer, pada sebagian smartphone, jika jatuh maka akan mati secara tiba-tiba. Dan hal tersebut memanfaatkan fungsi accelerometer.
  • Robotika : balancing robot yaitu robot yang menjaga keseimbangannya untuk tetap tegak berdiri.
Berikut ini adalah beberapa jenis sensor accelerometer yang berbentuk modul siap pakai :


sensor accelerometer tipe ADXL 335
sensor acceleremoeter tipe mma73
sensor accelerometer ADXL 330
sensor accelerometer MMA7260QT
Semoga bermafaat.

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html